beli rumah, rumah

Investasi Perumahan Kelebihan dan Kekurangan

Investasi Perumahan memang terkadang membuat kita bingung, apakah menguntungkan atau malah akan merugikan, karena modal yang dikeluarkan juga bukanlah uang dalam jumlah kecil, dan rumah masih menjadi kata favorit dalam pencarian internet

 

Penulis mencoba memberikan pandangan dari sisi pengalaman ditambah dengan beberapa sumber

 Pertama, Keuntungan Investasi Perumahan

1. Investasi Perumahan disitu pastilah ada Nilai nya, atau Value

Nilai atau Value yang dimaksud diatas adalah kepastian akan nilai tambah yang didapatkan dari perkembangan harga yang naik dari waktu ke waktu. Pertambahan nilai atau harga ini sangat tergantung dari PEMILIHAN LOKASI yang harusnya dapat Anda lakukan penelitian atau pantauan terlebih dahulu, baik dari media, maupun dari terjun langsung ke lokasi.

2.  Bisa dapat keuntungan

Anda bisa mendapatkan keuntungan tergantung dari kelihaian Anda memilih lokasi sewaktu Anda memutuskan untuk ber investasi perumahan. Dan Keuntungan lebih bisa Anda dapatkan juga dari keinginan untuk mendapat nilai tambah lain seperti penambahan fasilitas, interior dan lain lain jika anda menginginkan nilai tambah dari sewa

Investasi perumahan merupakan sebuah investasi yang sebenarnya cukup menjanjikan disebabkan karena perekonomian negara yang bertumbuh pasti akan diikuti oleh kenaikan harga dan diikuti oleh naiknya tingkat pendapatan para penduduknya yang otomatis juga menginginkan mempunyai hunian yang layak bagi mereka.

3. Investasi Perumahan Jangka Panjang

Investasi di bidang properti adalah sebuah investasi yang berbentuk solid dan tahan lama, oleh sebab itu jenis investasi ini sangat digemari selain investasi jenis emas, saham dan lainnya yang kebanyakan bersifat jangka pendek karena frekuensi jual belinya termasuk relatif lebih singkat jarak waktu membeli dan menjual kembali.

Oleh sebab itu investasi perumahan atau properti memiliki nilai kapital yang relatif lumayan jika rentang antara membeli dan menjual semakin lama, karena memang rata rata dibutuhkan waktu antara 3 – 5 tahun supaya nilai tanah dan atau bangunan naik signifkan dan menguntungkan bagi pemiliknya saat dijual kembali.

4. Membanggakan

Ber investasi perumahan walaupun tujuan awal Anda tidak selalu untuk mendapatkan selisih dari harga beli dan harga jual, dan pada awalnya Anda memang hanya membeli properti hanya untuk dijadikan hunian, namun pada saat nilai properti Anda melonjak atau naik harganya, diam diam atau mau tidak mau properti Anda menjadi suatu kebanggaan bagi Anda dimana nilai properti Anda  memiliki nilai yang lebih tinggi.

Sekarang penulis akan membahas Kelemahan Investasi Perumahan (Properti)

1. Besarnya modal menentukan hasil yang akan menjadi asset

Pada umumnya, besaran modal Anda juga ikut menentukan nilai investasi dan hasil investasi yang akan Anda dapatkan dikemudian hari, walaupun memang tidak selalu seperti itu, tapi pada umumnya disaat Anda memiliki uang yang cukup banyak, Anda akan berani ber investasi perumahan di kawasan yang berkembang, yang mana harga tanahnya pun cukup tinggi.

2. Biaya Perawatan

Bukan langkah investasi yang baik jika Anda membiarkan perumahan atau properti Anda yang sudah dibeli, dibiarkan tanpa dirawat, dan memang semakin besar dan mahal properti Anda, akan semakin besar biaya perawatannya.

Alangkah baiknya jika Anda telaten dan lebih rajin melakukan perawatan properti yang Anda miliki karena pembiaran akan mengeluarkan biaya yang lebih besar.

3. Penjualan yang butuh biaya juga

Mendapatkan selisih harga beli-jual yang lumayan tentunya menyenangkan apalagi jika selisih nya sangat besar, namun memang ternyata hukum perundang undangan kita sudah menetapkan adanya pajak jual beli yang wajib di bebankan kepada pembeli dan penjual. Jangan lupa ada Notaris di tengah tengahnya, he he he

4. Anomali kenaikan tanah tidak sama dengan nilai bangunan

Keunikan dalam investasi perumahan adalah Harga dalam satu kesatuan sertifikat tidak berjalan bersamaan karena dalam satu kesatuan ada yang namanya Nilai Harga Tanah dan Nilai Harga Bangunan, Tanah dapat dipastikan pesat atau lambat, harganya naik, sedangkan bangunan, karena faktor waktu, akan mengurangi kualitas bangunan itu sendiri, dan harga bangunan pastinya menurun

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.