DP Rumah 0%

DP Rumah 0% Benar Solusi Atau Bukan ? Mari Simak Sama Sama Efek Sampingnya

Rencana DP Rumah 0% sepertinya menjadi harapan banyak masyarakat untuk segera memiliki rumah idaman, tapi apakah ada ketentuan dibelakangnya ?
Mari kita simak sama sama yah

Bank Indonesia (BI) akhirnya melonggarkan aturan Loan to value atau porsi kredit yang bisa diberikan bank untuk pembiayaan rumah. Dalam relaksasi ini bank diperbolehkan menyalurkan kredit kepemilikan rumah (KPR) tanpa terlebih dahulu setor uang muka (DP).

Ternyata !  Aturan DP Rumah 0% ini hanya berlaku untuk pembelian rumah pertama. Untuk pembelian rumah kedua dan seterusnya aturan uang muka masih berlaku. Aturan ini wacananya mulai berlaku 1 Agustus 2018. Great !!

Bagi sebagian orang aturan ini memang cukup melegakan. Sebab, banyak masyarakat yang menunda pembelian rumah karena harus mengumpulkan uang muka sementara harga properti terus naik.

Tapi, Tolong Perhatikan Ini !

Pengajuan KPR tanpa uang muka bisa berdampak pada semakin besarnya cicilan yang harus dibayar. Alasannya, Uang muka sebenarnya akan menggurangi jumlah kredit yang diambil dari bank. jumlah kredit yang sedikit akan membuat cicilan lebih ringan.

Asumsikan saja rumah yang akan dibeli tipe 45m2 dengan harga Rp 600 juta. Rata-rata bunga sebesar 11% per tahun dengan tenor 20 tahun. Peminjam akan dikenakan biaya provisi 1,5%, biaya administrasi Rp 500.000, biaya appraisal Rp 500.000, biaya notaris Rp 3,5 juta dan biaya asuransi Rp 10 juta dan tarif Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NJOPTKP) Rp 2 miliar.

Bila menggunakan kalkulator KPR, dengan tanpa uang muka atau DP 0%, besar cicilan yang dibayarkan mencapai Rp 6,19 juta per bulan. Total angsuran yang dikembalikan ke bank mencapai Rp 1,48 miliar dengan komposisi pokok pinjaman Rp 600 juta dan angsuran bunga Rp 886,35 juta.

Bila menggunakan DP 15%, total pinjaman yang didapatkan dari bank Rp 510 juta dengan angsuran Rp 5,26 juta per bulan. Total angsuran yang diterima bank setara Rp 1,26 miliar terdiri dari pokok pinjaman Rp 510 juta dan total angsuran bunga Rp 753,4 juta.

Jadi program DP Rumah 0% pastinya mengentengkan para calon pembeli di awal nya, dan saran saya para calon pembeli setidaknya lebih bijaksana memilih Bank yang menyediakan bunga KPR yang lebih rendah secara jangka panjang, dan bukan rendah hanya dalam jangka pendek saja.

Atau, silahkan melirik perumahan baru yang saat ini menyediakan program promo DP ringan dan memiliki beragam pilihan Bank dengan bunga kompetitif baik jangka panjang maupun pendek.

The Bay Paradise Resort, memiliki banyak pilihan rumah siap huni dan promo DP spesial hanya dengan membayar Rp 50,000,000,- saja, maka para calon pembeli siap dibantu pengurusan berkas KPR nya dan jika disetujui, pembeli bisa langsung serah terima dan Siap Huni.
Dan membeli rumah 2 lantai di The Bay selain SIAP HUNI, tapi juga mempunyai peluang investasi yang menarik dalam konsep Paradise Resort yang akan menjadi satu satunya Kota Mandiri ditambah proyeksi Paradise Resort yang menjadikan The Bay menjadi project cluster rumah landed TERAKHIR dan segera fokus ke pembangunan Commercial Area, Hospital, University Complex dan lainnya dalam pemenuhan peng integrasian Kota Mandiri Baru. 

Kunjungi lokasi The Bay Paradise Resort Ciputat dan temui Dave Rindanaung untuk mendapatkan informasi, harga, cara booking, dan pilihan unit Rumah Idaman yang Siap Huni yang mempunyai konsep Kota Mandiri Baru seluas 60 Hektar.

Map Marketing Gallery The Bay Paradise Resort Ciputat

sumber :
https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20180630141534-33-21219/dp-rumah-bisa-0-hati-hati-cicilan-bisa-lebih-mahal

sumber gambar :
https://blog.urbanindo.com/2017/04/dilarang-bi-pelaku-properti-program-dp-rumah-nol-persen-bisa-direalisasikan/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.